Kenali Sifat dan Karakteristik Limbah B3

Diposting pada

Berikut Ini Sifat dan Karakteristik Limbah B3 yang perlu diketahui

Kenali Sifat dan Karakteristik Limbah B3 Pada kesempatan ini, Tukangsedotlimbah.com, akan mengajak Anda mengenali difat dan karakteristik limbah B3. Mungkin sebagian dari kita masih awam tentang limbah B3. B3 merupakan akronim dari bahan beracun dan berbahaya. Dalam pengertiannya, limbah B3 adalah limbah yang memiliki kandungan zat beracun dan berbahaya yang berpotensi menimbulkan dampak merusak lingkungan, mengganggu kesehatan dan lain-lain baik secara langsung maupun tidak langsung.

Limbah B3 pada umumnya berasal dari hasil pengolahan kegiatan industri. Tak hanya dari sisa-sisa hasil produksi kegiatan industri saja, tetapi juga dari kegiatan rumah tangga (domestik). Sebut saja limbar yang berasal dari pemakaian deterjen dan pemutih pakaian, bekas pengharum ruangan, pembersih kamar mandi dan lantai, serta pembersih kaca atau jendela, obat pembasmi serangga, lem perekat dan masih banyak lainnya.

Ditinjau dari jenisnya, limbah B3 terbagi menjadi 3, yaitu limbah yang berasal dari sumber spesifik, limbah B3 yang dihasilkan melalui sumber yang tidak spesifik dan limbah B3 yang berasal dari sumber lain. Ketiga jenis limbah tersebut memiliki klasifikasi yang berbeda pula.

Artikel lainnya;

Limbah B3 yang berasal dari sumber tidak spesifik contohnya, bersumber dari aktivitas yang berkaitan dengan pemakaian alat seperti pemeliharaan, pencucian, pengemasan dan lain-lain. Sementara limbah B3 yang berasal dari sumber lain berasal dari produk kadaluarsa, sisa kemasan maupun produk buangan yang tak memenuhi standar kualifikasi.

Selanjutnya, ditinjau dari sifat dan karakteristiknya, limbah B3 diklasifikasikan menjadi 9 jenis, limbah B3 yang bersifat korosif, karsinogenik, irritant (bersifat iritasi), berbahaya, beracun, mudah terbakar, mudah meledak, gampang teroksidasi, serta berbahaya bagi lingkungan.

Demikian sedikit ulasan mengenai limbah B3, sifat serta karakteristiknya. Semoga dengan sedikit pengetahuan yang dibagikan kali ini bisa menambah wawasan tentang limbah B3 ,khususnya bagi  Anda yang memiliki usaha industri. Dengan demikian, kita bisa melakukan langkah antisipatif maupun represif dengan mengetahui sifat dan karakteristik limbah tersebut. Jangan beranjak dari Tukangsedotlimbah.com, karena di artikel selanjutnya bakal kupas penanganan dari limbah B3 ini. (rva)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *