Bahaya Limbah Hitam Terhadap Pencemaran Lingkungan Perumahan

Bahaya Limbah Hitam Terhadap Pencemaran Lingkungan Perumahan

Diposting pada

Bahaya Limbah Hitam Terhadap Pencemaran Lingkungan Perumahan

 

Memiliki toilet sendiri di dalam rumah bukan berarti tidak akan mencemari lingkungan. Toilet yang tidak pernah dibersihkan justru berdampak besar menimbulkan penyebaran penyakit. Terlebih kebiasaan tidak menguras septic tank selama lebih dari lima tahun dapat berakibat buruk terhadap pencemaran lingkungan perumahan. Meski dapat diolah menjadi pupuk organik, limbah hitam atau tinja manusia sangat berbahaya jika bertemu langsung dengan air dan tanah di sekitar pemukiman.

 

Tinja manusia masuk ke dalam kategori limbah rumah tangga cair black water. Sesuai namanya, limbah ini berwarna pekat dengan tingkat pencemaran yang tinggi. Limbah hitam juga memiliki kandungan mikroorganisme merugikan yang berperan menularkan penyakit berbahaya. Menurut para ahli setidaknya ada empat golongan penyakit yang bersumber dari tinja manusia. Keempat golongan penyakit tersebut masing-masing ditularkan oleh virus, bakteri, protozoa, cacing, dan serangga pembawa kuman seperti nyamuk, lalat, dan kecoa. Apabila perkembangbiakannya dibiarkan, penyakit-penyakit menular seperti diare, hepatitis, kolera, polio akan mudah menyerang anak-anak dan orang dewasa.

Baca juga: Cara Menjaga Toilet agar Bersih dan Berkilau

Agar lingkungan perumahan terbebas dari penyakit menular, maka perawatan rutin septic tank dan saluran pembuangan tidak boleh diabaikan. Bayangkan jika setelah lebih dari lima tahun didiamkan Anda mendapati septic tank rumah telah bocor. Bagi perumahan yang masih menggunakan air tanah kerugiannya tidak hanya Anda rasakan sendiri, tetapi juga merugikan tetangga. Air sumur akan mengeluarkan bau yang sangat menyengat dan menarik perhatian serangga dan hewan hama seperti tikus. Tidak hanya itu, kandungan  zat pencemar pada  limbah tinja juga akan menyebabkan menurunnya kadar oksigen terlarut dalam air. Akibatnya air tanah menjadi tidak layak dikonsumsi.

 

Melindungi kebersihan lingkungan perumahan merupakan kewajiban setiap warganya. Untuk itu, selalu laporkan jika terjadi kebocoran septic tank atau saluran pembuangan. Jangan lupa pula untuk rutin menguras dan melakukan penyedotan limbah hitam dalam kurun waktu minimal dua tahun sekali. Jasa sedot limbah di www.tukangsedotlimbah.com merupakan layanan profesional di bidang jasa sedot WC dan perbaikan saluran yang selalu siap memenuhi panggilan Anda di seluruh kota-kota besar di Indonesia. (IA)

Baca:  Bau Tak Sedap Muncul Meski WC Tidak Digunakan ? Ini Tipsnya !

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *