Jalan keluar untuk Anak yang Sulit Mandi

Inilah Jalan keluar untuk Anak yang Sulit Mandi

Diposting pada

Jalan keluar untuk Anak yang Sulit Mandi

Heran, dahulu anak suka sekali bila waktu mandi datang. Akan tetapi, saat ini ia mati-matian menampik untuk mandi. Apakah yang berlangsung?

Mogok mandi merupakan salah satunya pergantian yang umum berlangsung pada anak kecil. Hal seperti ini dapat dicetuskan oleh banyak hal yang tidak menyenangkan, seperti trauma waktu mandi serta imajinasi anak yang terlalu berlebih. Akan tetapi, banyak juga kegiatan mogok mandi yang tidak mempunyai argumen sebabnya.

Baca juga: Menciftakan Lingkungan Asri di Rumah

Mungkin saja kepala anak terbentur gagang shower, jatuh terpeleset di kamar mandi, serta mata jadi perih karena terserang shampo atau sabun. Atau, mungkin saja ia berimajinasi turut terbawa ke aliran pembuangan bersama dengan air sisa ia mandi.

Anda tidak butuh cemas, karena ketakutan ini makin lama akan menghilang dengan sendirinya. Selain itu, apakah yang bisa Anda kerjakan untuk merayu anak kembali senang pada kegiatan mandi?

Bicara Mengenai Ketakutannya

Pertama, tanyakanlah baik-baik pada anak, apakah yang mengganggu pikirannya serta apakah yang membuat ia jadi ogah mandi. Bila Anda sudah mengetahui sebabnya, beri semangat serta tenangkanlah dianya. Bila sangat mungkin, berikanlah jalan keluar untuk mengatasinya.

Jauhi mengolok-olok atau menyepelekan argumen ketakutannya, walau terlihat sepele buat Anda. Janganlah juga memaksa anak untuk masih mandi. Bersabarlah, hal seperti ini juga bakal berlalu.

Naikkan Keamanan di Kamar Mandi

Jika ia rawan terpeleset, tempatkan karpet karet antilicin di lantai kamar mandi, serta mintalah anak untuk berdiri di atasnya saat mandi.

Ramaikan dengan Mainan

Anak semakin lebih tertarik untuk mandi jika ia berendam didalam bak mandi atau ember. Bawalah mainan karet berbunyi seperti bebek-bebekan, bola warna-warni, serta buku tahan air untuk menemaninya mandi.

Baca juga: https://www.tukangsedotlimbah.com/tips-cara-menjaga-toilet-agar-bersih-dan-berkilau/

Meskipun waktu yang diperlukan untuk kembali senang pada kegiatan mandi beragam untuk tiap-tiap anak, Anda tak perlu cemas. Cukuplah bersabar serta berupaya, nantinya anak akan kembali pada kegiatan rutinnya seperti umum.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *