Trik Agar Tidak Risih Buang Air Besar Di WC Umum

Diposting pada

Ketika berada di luar rumah, anda mungkin merasa kurang nyaman jika harus mampir ke toilet umum untuk buang air besar. Masalahnya, jika anda memutuskan untuk buang air besar di toilet umum, secara otomatis anda akan berbagai ruang dengan pengguna toilet lainnya.

Meski nantinya anda akan tetap memiliki bilik tersendiri, namun letak bilik yang saling berdekatan akan mempermudah penyebaran bau tidak sedap dan “bunyi – bunyi” ke bilik lainnya. Hal tersebut terkadang bisa menimbulkan perasaan malu di hati. Bagi sebagian orang, menanggung perasaan malu dan tidak nyaman adalah hal berat. Oleh karena itu, beberapa dari mereka memilih untuk menahan BAB hingga pulang ke rumah.

Tetapi BAB adalah panggilan alamiah yang tidak bisa ditolak maupun ditunda. Bahkan dilihat dari segi kesehatan, menahan BAB terlalu lama dapat menimbulkan resiko yang cukup fatal. Jika anda terus menahan BAB dalam waktu yang lama, maka feses akan mengeras dan sulit untuk dikeluarkan. Bila feses mengeras dan sulit dikeluarkan, maka hal tersebut bisa menyebabkan pendarahan ringan maupun menyedang pada bagian anus.

Setelah mengetahui pentingnya BAB tepat waktu, maka sebaiknya anda menyingkirkan rasa sungkan atau malu yang menganggu pikiran anda ketika harus buang hajat di WC umum. Tak perlu khawatir,  anda bisa mencoba beberapa cara sederhana berikut ini untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya peristiwa – peristiwa memalukan di dalam toilet umum.

Menyalakan keran air

Menyalakan keran air jadi salah satu cara efektif untuk meredam bunyi – bunyi khas BAB. Tak perlu membukanya secara penuh, anda hanya perlu memutarnya sedikit untuk membuat air dapat mengalir ke ember dan menciptakan bunyi penyeimbang untuk meleburkan suara yang mungkin timbul selama proses BAB.

Selain memanfaatkan keran air, anda juga bisa memutar tuas flush pada tanki kakus duduk untuk menimbulkan suara yang lebih berisik. Umumnya, cara ini akan menghasilkan suara yang lebih nyaring karena air yang dikeluarkan juga lebih banyak. Tetapi jangan keseringan ya, menghemat air harus tetap jadi prioritas !

Baca:  Cara Memperbaiki Tombol Flush Toilet Macet, Cukup Bersihkan Saja !

Gunakan parfum ruangan

Jika cara sebelumnya berfokus pada upaya mengatasi suara yang mungkin ditimbulkan saat BAB, maka sekarang saatnya membahas upaya mengatasi bau tidak sedap yang timbul usai BAB. Anda bisa menggunakan parfum ruangan biasa untuk menghilangkan bau tidak sedap yang menyebar di dalam bilik toilet anda. Namun, harga yang cukup mahal terkadang membuat anda enggan untuk membelinya.

Sebagai solusi, anda bisa meracik sendiri ramuan pengharum ruangan tersebut dengan cara sederhana berikut ini :

Pertama – tama, siapkan botol spray kosong.

Kemudian, masukkan satu sendok teh gliserin atau sabun cair khusus pencuci piring ke dalam botol yang telah disiapkan.

Lalu, tambahkan dengan lima tetes minyak esensial peppermint dan air putih secukupnya. Kocok hingga semua bahan tercampur rata. Cukup mudah bukan ?

Gunakan plastic wrap

Apa yang terjadi jika anda menggunakan kloset yang mampet ? Iya, kotoran akan sulit turun dan terus mengganggu pemandangan. Jika anda malu memanggil petugas untuk membantu mengatasi permasalahan tersebut, maka anda bisa menggunakan plastic wrap.

Tutupi mulut kloset dengan plastic wrap hingga rapat. Kemudian, tekanlah bagian atas permukaan plastic wrap dan lihat apakah kotoran bisa terdorong masuk ke dalam leher angsa dan tidak kembali lagi ke permukaan.

Jika belum berhasil, mau tidak mau anda harus bekerja sama dengan petugas untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *