Seberapa Sehatkah Toilet Di Rumah Anda ?

Diposting pada

Memiliki toilet yang sehat adalah impian banyak orang. Sebagai bagian penting dalam tempat tinggal, toilet perlu memenuhi standar tertentu agar dapat dikatakan higienis. Di Indonesia, fasilitas sanitasi ini belum bisa mengcover kebutuhan masyarakat seluruhnya. Tercatat ada sekitar 40 persen penduduk Indonesia belum memiliki fasilitas sanitasi yang baik.

Padahal, ketersediaan toilet bersih merupakan hal krusial dalam kehidupan manusia. Tetapi sayangnya, beberapa orang masih memandang isu tersebut sebagai masalah sepele. Oleh karena itu, membangun kesadaran untuk menjaga kebersihan toilet menjadi hal yang penting untuk dilakukan.

Lalu, apa saja kriteria kesehatan yang harus dimiliki setiap toilet ? Berikut ini adalah beberapa parameter yang bisa anda jadikan acuan dalam menilai tingkat kebersihan toilet di rumah anda.

Memiliki akses air bersih yang baik

Toilet yang bersih sekurang – kurangnya harus memiliki air yang bersih pula. Meskipun, suplai air bersih yang anda dapatkan tak sebanyak di toilet umum, namun setidaknya toilet anda harus memiiki akses terhadap air bersih.

Air bersih tersebut nantinya digunakan untuk keperluan MCK (Mandi, Cuci, Kakus). Jika air yang anda dapat jumlahnya berlebih, maka anda bisa memanfaatkan kelebihan tersebut untuk membersihkan kamar mandi.

Membersihkan kamar mandi secara rutin akan membuat kebersihannya selalu terjaga. Bila toilet selalu bersih, maka secara otomatis penghuni rumah akan merasa nyaman dan tenang saat menggunakannya.

Kloset bersih

Kloset juga sebaiknya tidak luput dari perhatian anda. Kloset yang bersih menjadi tanda bahwa toilet anda sehat. Idealnya, kloset dibersihkan setelah digunakan 3 kali.

Anda bisa membersihkan kloset menggunakan cairan khusus pembersih kloset ataupun menggunakan air biasa. Tetapi terkadang membersihkan kloset menggunakan air biasa saja tidak cukup, sehingga anda perlu menambahkan bahan tertentu untuk melunturkan kotoran dan kerak yang menempel pada permukaan wc.

Daripada membeli, lebih baik anda memanfaatkan bahan – bahan yang ada di rumah, seperti soda kue, cuka, hingga perasan air lemon. Selain lebih murah, semua bahan tersebut juga tak sulit dijumpai di dapur.

Baca:  Ragam Bentuk Toilet Di Berbagai Negara Belahan Dunia

Ventilasi yang cukup

Toilet yang sehat adalah toilet yang memiliki cukup ventilasi udara. Ventilasi menjadi jalan bagi keluar masuknya udara dan cahaya matahari untuk menjaga toilet tetap sehat. Mengapa mengaja kelembapan ruangan toilet begitu penting ? Hal tersebut dikarenakan kelembapan dapat memicu pertumbuhan dan perkembangbiakan bakteri dan kuman yang berada di dalam toilet.

Bakteri dan kuman yang terus berkembang biak akan membahayakan kondisi kesehatan anda. Beberapa penyakit yang mungkin ditimbulkan oleh kuman yang bersarang di dalam toilet anda ialah gatal-gatal, diare, infeksi saluran pernapasan, tifus, dan lain sebagainya.

Selalu kering

Lantai dan dinding toilet yang kering bisa menghambat pertumbuhan kuman. Tak hanya itu, lantai yang kering juga akan membuat anda nyaman menggunakan toilet karena bau tidak sedap akan ternetralisir. Sebaliknya, jika toilet anda dalam kondisi basah, maka bau tidak sedap pun akan muncul dan mengganggu kenyamanan anda.

Wastafel bersih

Beberapa toilet seringkali tidak dilengkapi dengan tempat cuci tangan atau wastafel. Hal tersebut mengindikasikan tingkat higienitas toilet yang buruk. Toilet yang bersih haruslah memiliki setidaknya satu buah wastafel yang selalu terjaga kebersihannya. Wastafel memungkinkan anda untuk mencuci tangan sehabis melakukan aktivitas BAK dan BAB.

Oleh sebab itu, keberadaan wastafel cukup penting dalam ruangan toilet karena komponen tersebut berfungsi sebagai alat serbaguna yang membantu anda menjaga kebersihan diri dan lingkungan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *