Jangan Sembarangan Memilih Toilet Umum !

Diposting pada

Toilet bukanlah tempat yang higienis, namun, keberadaaannya sangat diperlukan dalam kehidupan manusia. Menjaga kebersihan toilet dapat membantu anda terhindar dari infeksi kuman berbahaya. Namun, sayangnya, sebagian orang masih belum peduli dengan kebersihan di toilet umum.

Tidak seperti toilet di rumah, kebersihan toilet umum lebih sulit dikontrol. Hal tersebut karena toilet umum lebih sering digunakan. Dalam sehari saja, toilet umum bisa digunakan sebanyak 30 kali untuk memenuhi kebutuhan air yang berbeda – beda, mulai dari cuci muka, buang air kecil hingga buang air besar. Itu pula yang menyebabkan toilet umum menjadi tidak higienis.

Untuk membatasi paparan kuman atau bakteri yang berkembang biak di toilet umum, anda bisa menggunakan tisu untuk melapisi kloset atau menyekanya terlebih dahulu dengan cairan pembersih. Tetapi, cara tersebut akan terasa merepotkan dan kurang efektif. Daripada menyibukkan diri dengan persiapan seperti itu, anda bisa mengikuti tips berikut untuk meminimalisir kemungkinan terinfeksi bakteri dan kuman penyakit yang ada di toilet umum.

Tips Memilih Toilet Umum

Hindari memilih bilik toilet yang berada di tengah

Berdasarkan hasil penelitian yang dirilis Jurnal Psychological Science, orang – orang lebih sering menggunakan bilik toilet yang berada di tengah ketimbang di pinggir. Keputusan tersebut  dipengaruhi oleh preferensi sentralitas. Jika anda termasuk salah satunya, maka lebih baik anda menghentikan kebiasaan tersebut. Pilihlah bilik toilet yang jarang dipakai untuk mengurangi kemungkinan terpapar kuman dan bakteri.

Hindari memilih bilik yang letaknya paling jauh  

Tips ini bisa jadi acuan bagi kaum Hawa dalam memilih bilik toilet. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa perempuan lebih sering memilih toilet yang berada paling jauh dari pintu masuk. Entah apa yang mendasari keputusan tersebut, tetapi dari sini anda bisa mengambil pelajaran untuk tidak memilih toilet yang berada jauh dari pintu masuk. Sebaliknya, pilihlah toilet yang letaknya paling dekat dengan pintu masuk.

Baca:  Inilah Jalan keluar untuk Anak yang Sulit Mandi

Hindari memilih urinoir yang letaknya paling dekat

Tak seperti kaum Hawa yang lebih suka menggunakan bilik toilet yang letaknya paling jauh dari pintu masuk, kaum Adam justru lebih suka menggunakan urinoir yang letaknya paling dekat. Oleh karena itu, pilihlah urinoir yang terletak paling jauh, ya !

Bawa perlengkapan kebersihan

Cobalah untuk membawa cairan desinfektan dan sikat pembersih setiap kali anda keluar rumah. Hal tersebut akan berguna ketika anda membutuhkannya. Ketika anda menggunakan toilet umum, maka anda bisa memanfaatkan kedua hal tersebut untuk membersihkan ruangan toilet maupun kloset yang akan anda gunakan.

Tetapi jika anda tidak membawa cairan desinfektan dan sikat pembersih, maka melapisi permukaan kloset dengan tisu bisa jadi solusi yang tepat. Tetapi yang paling penting adalah menjaga kebersihan diri sendiri dengan cara mencuci tangan setelah habis buang air kecil dan buang air besar di toilet.

Dengan mencuci tangan, anda tidak perlu repot – repot membawa perlengkapan kebersihan seperti cairan pembersih, sikat maupun tisu. Namun, anda perlu membawa sabun khusus cuci tangan atau hand sanitizer sebagai gantinya.

Selain mudah dipraktekkan, mencuci tangan dengan sabun antiseptik juga lebih efektif untuk membasmi kuman yang menempel pada kulit. Hal tersebut dikarenakan sabun antiseptik memiliki kandungan povidon iodine yang ampuh memberantas kuman.

Itulah beberapa tips untuk memilih toilet umum yang tepat agar anda terhindar dari infeksi kuman berbahaya. Selamat mencoba !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *