Periksa Hal – Hal Penting Ini Sebelum Menggunakan Toilet Umum

Diposting pada

Anda mungkin salah satu dari sekian banyak orang yang suka bepergian. Ketika sedang bepergian, anda mungkin akan sedikit kesulitan untuk menemukan toilet umum karena lokasi toilet yang tidak menentu. Meskipun, jumlah toilet umum cukup banyak, namun, biasanya anda hanya bisa menemukannya dengan mudah di tempat tempat seperti, terminal bus, stasiun kereta, bandara, dan sebagainya.

Toilet umum tidak seperti toilet di rumah yang nyaman dan aman. Setiap orang bisa menggunakan fasilitas ini asal mau membayar, meskipun terkadang ada toilet umum yang benar benar digratiskan.

Namun, perlu anda tahu bahwa toilet umum digunakan oleh banyak orang setiap harinya, bisa puluhan hingga ratusan kali dalam sehari. Jadi, wajar saja jika fasilitas yang tersedia di dalam WC umum mudah rusak dan berkarat.

Oleh karena itu, anda perlu memeriksa hal – hal berikut ini sebelum anda memilih menggunakan toilet umum. Karena, jika anda tidak memeriksa hal – hal berikut ini, maka bukan hanya ketidaknyamanan, anda juga bisa dirugikan. Apa saja ?

 

Hal – hal yang tidak boleh luput dari pemeriksaan sebelum menggunakan toilet umum.

 

Pintu Toilet Umum

Pertama, anda perlu memeriksa pintu toilet umum. Ketika anda memasuki bilik toilet, anda harus segera memeriksa apakah pintu toilet tersebut bisa ditutup dengan rapat atau tidak. Namun, jika anda merasa kurang nyaman karena pintu bilik yang sulit ditutup rapat atau memiliki celah yang bisa dilihat dari luar, maka sebaiknya anda memilih bilik lainnya.

Jika semua pintu memiliki celah seperti lubang kecil, anda mungkin masih bisa mengatasinya dengan menutupi lubang tersebut dengan kain atau tas bawaan milik anda.

Jadi, sebelum menggunakan toilet umum, pastikan dulu pintunya aman dan terkendali ya !

 

Air dan Flush

Ketika anda memasuki bilik toilet dan mendapati pintunya aman dan tidak bermasalah, maka selanjutnya anda perlu mengecek keran air untuk mengetahui apakah air dapat mengalir dengan normal atau tidak. Meski, jarang terjadi, tetapi kemungkinan air tidak mengalir itu bisa terjadi di mana saja.

Baca:  Tips Cara Menjaga Toilet Agar Bersih dan Berkilau

Oleh karena itu, anda perlu untuk memeriksa aliran air dengan cara membuka keran, jika air mengalir dengan baik, maka anda bisa menggunakan toilet umum dengan leluasa.

Sementara, jika anda ingin buang air besar, maka tidak hanya keran air, anda juga perlu memeriksa kinerja flush pada WC duduk yang disediakan. Jangan sampai anda kesulitan menyiram hajat karena flush yang tidak bekerja dengan baik.

 

Gayung

Benda yang satu ini jangan sampai terlupakan ya ! Anda perlu memeriksa apakah di dalam bilik telah disediakan gayung atau tidak. Jika, anda tidak menemukan satupun gayung, maka jangan ragu untuk berpindah ke bilik di sebelahnya, atau meminjam gayung yang berada di bilik lainnya.

 

Kebersihan

Hal berikutnya yang perlu anda periksa ialah kondisi kebersihan dari WC umum tersebut. Kebersihan toilet memang merupakan salah satu hal yang penting dan harus dimiliki oleh semua toilet umum di seluruh Indonesia.

Jika, kondisi toilet umum tidak bersih dan tidak terawat dengan baik, maka anda akan merasa kurang nyaman untuk menggunakannya.

Perhatikan juga apakah di dalam bilik ada serangga atau tidak. Masalahnya, bagi sebagian orang yang memiliki phobia tertentu, keberadaan serangga akan sangat mengganggu.

Berbeda dengan di tempat umum terbuka seperti taman, halte dan sebagainya. Meskipun banyak serangga, namun orang masih bisa menghindarinya dengan cara berlari atau berjalan menjauh dari serangga tersebut. Tetapi bayangkan jika di dalam bilik toilet ? Orang tidak bisa dengan bebas pergi kemanapun karena keadaan dan kondisi yang sangat berbeda.

Misalnya saja, anda sudah memasuki toilet dan ingin buang hajat. Tiba – tiba ketika anda buang hajat muncul serangga dari arah yang tidak anda ketahui sedang berjalan menuju ke arah anda. Apakah anda bisa dengan mudah menjauhi serangga itu dengan pergi  keluar dan membuka pintu ?

Tentu tidak bisa semudah itu, anda harus memikirkan banyak hal terlebih dahulu sebelum memilih keluar dari bilik toilet.

 

Itulah beberapa hal yang perlu anda periksa sebelum anda menggunakan toilet umum. Dengan memeriksa hal – hal di atas , anda bisa meminimalisir berbagai resiko yang mengancam. Selamat mencoba !

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *