3 Tips Efektif dan Simple Untuk Cegah WC Mampet !

Diposting pada

Setiap orang selalu menginginkan WC yang dapat berfungsi normal. Oleh karena itu, problem seperti WC mampet adalah hal yang sangat tidak menyenangkan bagi semua orang.

Namun, bagaimanapun, kendala seperti WC mampet adalah hal lumrah yang bisa dialami oleh siapa saja. Terutama ketika musim penghujan telah tiba. Biasanya, ketika musim penghujan tiba, WC memiliki kecenderungan besar untuk mengalami mampet.

Tenang saja ! Anda tidak perlu khawatir, anda bisa mengatasi problem tersebut dengan melakukan tips sederhana berikut ini.

 

Tips efektif untuk mengantisipasi WC rumah mampet.

 

  1. Rajin menyiram WC

Baik WC duduk maupun WC jongkok, sebaiknya anda tetap rutin menyiram WC dengan banyak air usai WC digunakan.

Menyiram WC dengan banyak air setelah penggunaan bertujuan untuk mendorong kotoran agar tidak sekedar hilang dari pandangan, namun juga benar – benar bergerak hingga ke pembuangan akhir.

Jika semua kotoran berhasil terdorong sampai ke akhir pembuangan, maka kemungkinan besar WC anda terhindar dari yang namanya mampet karena tidak ada lagi kotoran yang masih menempel atau menyumbat di saluran WC.

 

  1. Gunakan larutan ajaib pelancar WC

Cara yang kedua adalah dengan menggunakan larutan ajaib pelancar WC untuk membantu melancarkan saluran WC di rumah anda.

Membersihkan WC adalah hal yang sebaiknya dilakukan secara rutin dan berkala. Selama membersihkan WC, ada baiknya anda menggunakan larutan ajaib berikut untuk membantu proses pembersihan agar hasilnya menjadi lebih optimal.

 

Soda Kue dan Soda Api

Soda kue dan soda api memiliki banyak fungsi yang bisa kita manfaatkan, salah satunya ialah untuk membersihkan saluran WC. Soda kue dan soda api dapat melunakkan kotoran – kotoran organic yang sempat mengeras dan menyumbat WC. Jika, kotoran tersebut menjadi lunak, maka kotoran tersebut bisa lebih mudah terbawa air menuju ke tempat pembuangan akhir.

Baca:  Layanan Perbaikan Saluran Wastafel di KarimunCakung

 

Sabun pencuci piring

Jika anda tidak memiliki soda kue maupun soda api di rumah, maka anda bisa menggantinya dengan sabun cair pencuci piring. Tetapi, jika anda juga tidak memiliki sabun cair pencuci piring, maka anda bisa menggantinya dengan shampoo atau potongan sabun padat.

Caranya ialah dengan menuangkan sabun cair pencuci piring secukupnya ke permukaan WC dan ke dalam WC.

Kemudian, diamkan hingga kurang lebih sejam.

Siramlah WC dengan menggunakan air yang banyak secara menyeluruh.

 

Pemutih pakaian

Alternatif lainnya ialah dengan menggunakan pemutih pakaian.

Cara menggunakannya mirip dengan sabun pencuci piring, yaitu dengan menuangkan atau menaburkan secukupnya ke dalam WC, kemudian dibilas dengan air yang banyak.

 

Cairan khusus pembersih WC

Saat ini sudah banyak produk pembersih WC yan bisa anda temukan dengan mudah di berbagai toko dan warung di Indonesia.

Anda bisa menggunakan cairan khusus pembersih WC untuk membersihkan kotoran yang menyumbat di saluran WC rumah anda. Namun, anda sebaiknya tidak menggunakan cairan tersebut secara rutin karena biasanya carian tersebut bersifat korosif yang dapat merusak saluran pipa pembuangan WC anda.

 

  1. Menggunakan alat penyedot WC

Jika WC anda sudah menunjukkan ciri – ciri WC mampet seperti kotoran yang tidak mudah hilang meskipun sudah disiram dengan banyak air, maka anda bisa mulai menggunakan alat penyedot WC untuk memperlancar WC anda.

 

Itulah 3 tips sederhana yang bisa anda terapkan untuk mencegah terjadinya WC mampet di rumah anda. Anda juga bisa menggunakan jasa sedot WC untuk mencegah terjadinya WC mampet di rumah anda. Mengapa demikian ? karena. Sedot WC tidak hanya dibutuhkan ketika WC anda sudah benar – benar mampet, namun sedot WC juga berfungsi sebagai perawatan WC agar tidak sampai terjadi yang namanya mampet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *