Cara Atasi Tikus Yang Sering Muncul Di Lubang WC

Diposting pada

Tikus adalah hewan pengerat yang sering terlihat berkeliaran di berbagai tempat. Biasanya, tikus akan sangat mudah ditemukan di tempat – tempat gelap atau tempat yang kurang bersih. Bagi sebagian orang yang memiliki phobia berat terhadap tikus, keberadaan tikus di sekeliling mereka adalah suatu hal yang sangat menganggu kenyamanan.

Tikus tidak hanya berkeliaran di saluran air di pinggir jalan, tempat pembuangan sampah, atau pasar, melainkan juga berkeliaran di dalam rumah warga.

Bagi sebagian orang, hal itu mungkin bukan masalah besar, namun bagi sebagian yang lain, keberadaan tikus di rumah mereka adalah hal yang cukup menganggu. Apakah anda salah satu orang yang merasa terganggu dengan kehadiran tikus di dalam rumah ?

Di dalam rumah, banyak tempat yang biasanya digunakan sebagai tempat persembunyian hewan berkaki empat tersebut, misalnya dapur, wastafel, dan lain sebagainya.

Umumnya, tikus tersebut datang dari luar rumah dan masuk melalui celah – celah dinding atau pintu rumah. Tetapi, tahukah anda bahwa tikus juga bisa muncul melalui lubang WC ?

Kemunculan tikus di dalam WC adalah hal lumrah bagi sebagian orang yang pernah melihatnya. Namun, bagi anda yang belum pernah mengetahui hal tersebut, anda mungkin akan bertanya – tanya tentang kebenaran dari hal tersebut. Bagaimanakah caranya tikus bisa masuk dengan mudah ke saluran pipa toilet dan muncul melalui lubang WC di rumah anda ?

 

Cara tikus masuk ke saluran pembuangan dan muncul melalui lubang WC.

Instalasi air limbah adalah salah satu bagian yang cukup penting dan butuh perhatian khusus, karena keberadaannya yang sangat dibutuhkan di setiap rumah.

Jika terjadi kebocoran pada saluran pembuangan di dalam tanah atau dinding, maka perlu proses yang cukup rumit untuk dapat memperbaikinya.

Celah yang diakibatkan oleh adanya kebocoran pada pipa saluran pembuangan air kotor dapat dijadikan sebagai pintu masuk oleh tikus. Rusuk tikus yang lentur, memungkinkannya untuk dapat dengan mudah memasuki ruang sempit, seperti pipa toilet.

Baca:  Kebiasaan Ini Bisa Buat WC Di Rumah Mampet

Tikus juga perenang yang cukup handal, hewan berbulu tersebut dapat menahan nafas hingga 3 menit lamanya ketika berenang di air.

Salah satu hal yang dapat mengundang tikus masuk ke dalam saluran pipa toilet rumah anda ialah remah – remah dari makanan sisa yang terdapat di dalam air kakus.

Selain itu, minimnya ketersediaan suplai oksigen di dalam pipa toilet membuat tikus sering muncul ke permukaan untuk mengambil udara.

 

Cara Efektif Atasi Tikus Yang Sering Muncul Di Lubang WC.

Berikut ini adalah cara efektif untuk mengatasi munculnya tikus di permukaan  toilet rumah anda dengan cara menutup / mengganti pipa saluran pembuangan yang mengalami kebocoran.

 

Pertama – tama, anda perlu menyiapkan bahan – bahan berikut ini : swing check valve, shock drat, pita perekat, lem pipa, kunci pipa, dan gergaji.

 

Langkah – langkah :

Tentukan dulu lokasi katup, biasanya katup ini ditempatkan pada instalasi utama air limbah. Agar lebih mudah, sebaiknya anda menempatkan katup pada ujung instalasi utama air limbah yang berhubungan langsung dengan saluran pembuangan (got).

Potonglah pipa instalasi air limbah kemudian pilih pipa yang tertanam secara horizontal.

Ambil 2 shock drat, kemudian bungkus drat tersebut dengan pita perekat.

Pasangkan setiap shock drat ke drat katup dengan cara memutarnya searah jarum jam. Olesi ujung pipa instalasi air limbah dan ujung dalam shock drat dengan menggunakan lem pipa.

Masukkan pipa ke dalam shock drat.

Ulangi langkah di atas pada ujung pipa lainnya, dan jangan gunakan saluran tersebut untuk mengalirkan air limbah hingga lem pada katup mengering.  

Ketika lem sudah mengering, barulah anda bisa memfungsikan kembali saluran pipa pembuangan air kotor tersebut seperti sedia kala. Selesai.

Namun, sebelum memulai langkah tersebut, lebih baik anda berkonsultasi dulu kepada para ahli untuk meminimalisir terjadinya kesalahan selama proses pengerjaan. Semoga berhasil !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *