Bau Tak Sedap Muncul Meski WC Tidak Digunakan ? Ini Tipsnya !

Diposting pada

Kadangkala, bau tidak sedap muncul dari lubang WC kamar mandi tanpa alasan yang jelas. Anehnya, bau tak sedap itu tetap muncul meski WC dalam kondisi tidak sedang digunakan.

Jika dibiarkan terus menerus, aroma menyengat tersebut bisa menyebar hingga ke seluruh ruangan di rumah dan mengganggu seluruh anggota keluarga yang tinggal di dalamnya. Lebih dari itu, bau WC yang menyebar ke seluruh ruangan di rumah juga bisa tercium dan menganggu para tamu yang berkunjung.

 

Penyebab Bau WC.

Sebenarnya, bau tidak enak tersebut bisa ditimbulkan oleh berbagai faktor, salah satunya ialah proses penguraian tinja secara alamiah, dimana proses penguraian tersebut juga melibatkan peran bakteri pengurai.

Selain itu, terdapat juga faktor lain yang bisa menjadi penyebab munculnya bau tidak sedap pada WC, yaitu kebocoran pada pipa saluran toilet atau septic tank. Jika hal ini terjadi pada WC anda, maka sebaiknya anda memperbaiki saluran pembuangan tersebut dengan bantuan para ahli.

Sementara, untuk mengatasi bau tidak sedap yang disebabkan oleh bakteri pengurai, maka tips berikut ini cocok untuk dicoba.

 

Cara Menghilangkan Bau Tidak Sedap di WC.

Anda tidak bisa terus tinggal diam, perlu upaya untuk menuntaskan permasalahan aroma kurang sedap yang berseliweran di dalam rumah anda. Berikut ini ialah tipsnya :

 

Siram dengan air.

Menyiram kloset dengan air sebaiknya dilakukan secara rutin setiap habis buang hajat. Bahkan anda tetap perlu menyiram WC dengan air meskipun anda tidak menggunakannya untuk buang air besar.

Hal itu karena bau pesing adalah salah satu bau yang mudah membekas dan susah hilang dari permukaan mangkuk WC. Oleh karena itu, anda sebaiknya tetap menyiram kloset dengan air meskipun anda hanya menggunakannya untuk buang air kecil saja.

 

Bersihkan WC.

Tidak hanya menyiram kloset dengan air dalam jumlah banyak, anda juga perlu untuk membersihkan kloset secara rutin dan berkala.

Pembersihan kloset sebaiknya dilakukan minimal setiap sebulan sekali. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anda bisa membersihkan toilet dengan menggunakan cairan pembersih toilet khusus dan menyikatnya sebelum disiram dengan air.

Baca:  3 Tips Efektif dan Simple Untuk Cegah WC Mampet !

 

Gunakan pengharum toilet.

Tips selanjutnya ialah dengan menggunakan pengharum toilet yang banyak dijual di toko atau supermarket terdekat. Aroma yang cocok untuk menghilangkan bau tidak sedap di WC ialah aroma pinus, eukaliptus, atau pantai.

Jika anda memiliki budget yang minim, anda juga bisa menggunakan bahan lain sebagai penggantinya, misalnya seperti cuka, baking soda, dan lain sebagainya.

Cuka dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan bau tidak sedap di dalam WC karena cuka mengandung bahan aktif yang dapat membasmi patogen secara cepat dan efektif. Bahkan, Eropa telah mengenal penggunaan uap cuka sebagai desinfektan untuk membasmi kuman di udara.

Cuka juga memiliki manfaat lain, misalnya dapat menghilangkan Staphylococcus aureus yang dapat menyebabkan penyakit kulit pada makhluk hidup.

Untuk menghilangkan bau WC tidak sedap menggunakan cuka, anda hanya perlu menuangkannya pada kain lap, lalu kibaskan kain itu di dalam toilet.

Jika tidak memiliki cuka, anda juga bisa mencoba baking soda sebagai bahan alternative lainnya. Caranya ialah dengan menyiram WC dengan larutan air yang sudah dicampur dengan baking soda, lalu biarkan beberapa lama kemudian siram dengan air bersih secukupnya. Jika malas, anda juga bisa membiarkan larutan baking soda tersebut di dalam WC tanpa perlu menyiramnya.

 

Gunakan toilet bomb.

Sedang popular, penggunaan toilet bomb adalah salah satu metode ramah lingkungan yang banyak digandrungi oleh ibu rumnah tangga. Memiliki bentuk menyerupai kamper, toilet bomb akan mendesis dan larut dengan cepat ketika dimasukkan ke dalam air.

Cara menggunakannya pun cukup mudah, yaitu anda hanya perlu menaruhnya di dalam lubang WC dan membiarkannya sampai larut. Toilet bomb akan segera bereakasi dan membentuk buih untuk menghilangkan aroma tidak sedap di WC. Diamkan selama kurang lebih 15 menit, kemudian siram dengan air secukupnya.

 

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan bau tidak sedap di toilet rumah anda. Selamat mencoba !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *