Lakukan Tips Ini Agar Septic Tank Di Rumah Tidak Cepat Penuh

Diposting pada

Septic tank memiliki kaitan cukup erat dengan aktivitas biologis seluruh penghuni rumah. Namun, sayangnya, kapasitas septic tank yang terbatas membuat anda khawatir bahwa septic tank akan menjadi cepat penuh.

Septic tank memerlukan perancangan dan perawatan yang sesuai agar dapat dimanfaatkan secara optimal. Sebuah sistem sanitasi yang terdiri dari pipa saluran pembuangan WC, bak penampungan kotoran, bak resapan, serta pipa pelepasan air bersih dan udara tersebut berpotensi untuk mengalami berbagai masalah seperti kapasitas penampungan yang mudah penuh, saluran mampet, dan lain sebagainya.

Biasanya saluran pembuangan menjadi mudah mampet akibat tersumbat oleh beberapa benda keras atau benda lunak yang tidak mudah larut dalam air, contohnya seperti tissue, makanan, tumbuhan dan lain sebagainya.

Lalu bagaimana caranya agar septic tank tidak mudah penuh ?

 

Tips Sederhana Agar Septic Tank Di Rumah Tidak Cepat Penuh.

Berikut ini ialah tips yang bisa anda lakukan agar  septic tank di rumah tidak mudah penuh.

 

Hindari membuang benda – benda asing ke dalam lubang WC.

Semua penghuni rumah harus kompak untuk menghindari buang sampah di WC. Seringkali, anda menyepelekan hal ini dengan alasan bahwa benda yang anda buang berukuran kecil dan dapat dengan mudah terbawa air menuju ke bak penampungan.

Namun, jika kebiasaan tersebut terus menerus dilakukan, maka hal itu tidak hanya membuat saluran WC menjadi mampet, tetapi juga bisa membuat septic tank menjadi penuh.

Kapasitas septic tank cukup terbatas, sehingga anda harus mengoptimalkan kapasitas yang ada untuk dapat menampung kotoran secara maksimal.

Hindari membuang pembalut, tisu, makanan dan benda – benda asing lainnya, termasuk sabun mandi batang. Daripada, membuang benda – benda asing ke dalam lubang WC, lebih baik anda menyiapkan sebuah tempat sampah untuk menampung semua sampah atau benda – benda yang sudah tidak diperlukan agar tidak dibuang ke dalam WC.

Baca:  4 Cara Ampuh Membersihkan Kerak Membandel di Kamar Mandi

 

Atur posisi pipa saluran pembuangan.

Untuk mendapatkan proses pembuangan kotoran yang lancar, maka sebaiknya WC memiliki selisih ketinggian yang cukup besar dengan letak bak penampungan. Paling tidak, pipa harus memiliki tingkat kemiringan minimal mencapai 2%, dimana artinya setiap 100 cm terdapat perbedaan ketinggian  sebesar 2 cm.

 

Pilih jenis pipa yang sesuai.

Pipa saluran pembuangan yang digunakan sebagai sistem sanitasi sebaiknya adalah pipa jenis PVC dengan ukuran diameter minimal 4 inci. Jika rumah anda memiliki banyak toilet, maka sebaiknya anda menggunakan diameter yang lebih lebar..

Pipa juga sebaiknya di susun dengan lurus dan tidak memiliki kelok, karena kelokan atau lekukan dapat memperbesar potensi untuk tersumbat oleh benda asing.

 

Pilih kapasitas yang sesuai.

Dalam membuat septic tank, anda perlu memilih kapasitas yang sesuai dengan kebutuhan seluruh penghuni rumah. Umumnya, ukuran septic tank yang dibutuhkan oleh keluarga berjumlah empat orang ialah sekitar 1,5 meter x 1,5 meter x 2 meter. Sementara bak endapan dan bak resapan bisa dibuat dengan ukuran sekitar 1 meter x 1 meter x 2 meter.

Bak yang dipilih juga harus kuat dan tahan air, baik pada bagian, dasar, dinding maupun penutup. Hal itu bertujuan agar kotoran tidak mencemari lingkungan sekitar. Sementara, pada bak endapan dan bak resapan, bagian dasar akan lebih baik jika berupa campuran batu kerikil dan pasir.

Namun, jika anggota keluarga anda berjumlah lebih banyak, maka akan lebih baik jika anda memilih kapasitas septic tank lebih besar untuk dapat menampung kotoran dengan maksimal.

 

Sewa Jasa Sedot WC

Terakhir ialah menyewa jasa sedot WC untuk menguras kotoran yang sudah menumpuk di septic tank. Penyedotan limbah ini sebaiknya dilakukan setiap 1 – 2 kali per tahun untuk menghindari limbah menumpuk agar jumlahnya tidak melebihi kapasitas normal septic tank.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *