Waktu yang Ideal Untuk Melakukan Penyedotan Septic Tank

Diposting pada

Waktu yang Ideal Untuk Melakukan Penyedotan Septic Tank

Waktu yang Ideal Untuk Melakukan Penyedotan Septic Tank
Waktu yang Ideal Untuk Melakukan Penyedotan Septic Tank

Tahukah  Anda bahwa terdapat waktu yang ideal untuk melakukan penyedotan tangki septic atau septic tank. Dilansir dari KOMPAS.com (10/06/2013), Robert selaku petugas suku dinas kebersihan Jakarta memaparkan bahwa waktu yang ideal untuk melakukan penyedotan WC adalah satu kali dalam kurung waktu setahun hingga dua tahun. Hal ini dilakukan untuk tetap menjaga kualitas air tanah di suatu daerah, terutama di pemukiman padat penduduk.

Umumnya pada perumahan yang standar, terdapat septic tank berupa sebuah bak penampung limbah toilet yang terletak di bawah tanah. Pada rata-rata bentuk standar konstruksinya, septic tank memiliki dua ruang sekat berupa bak pengendapan dan bak peresapan yang dibatasi oleh kerikil-kerikil sebagai filter. Air buangan yang telah mengalami penyaringan akan diserap melalui tanah dengan membawa begitu banyak bakteri di dalamnya. Oleh karenanya, sumber air seperti sumur dengan septic tank diharuskan memiliki jarak yang ideal minimal 10 meter agar sumber air tidak tercemar.

Pada kota-kota besar yang minim lahan tentunya menyediakan lahan sebesar itu adalah perkara yang sulit. Oleh sebab itu, umumnya di wilayah perkotaan, septic tank memang dibuat sebagai bak penampung saja tanpa adanya resapan. Untuk septic tank dengan jenis seperti ini sudah barang tentu penyedotan harus dilakukan secara rutin karena akan memberikan dampak tersumbatnya aliran toilet dan ini pastinya bukanlah masalah yang ingin Anda temui di dalam kamar mandi rumah Anda.

Dari hal ini bisa kita tarik kesimpulan bahwa semakin banyak buangan yang dihasilkan oleh sejumlah orang, tentu akan semakin banyak resapan air di dalam septic tank. Rutinnya melakukan penyedotan septic tank dapat memberikan pengaruh terhadap pengurangan pencemaran air tanah.

Waktu ideal penyedotan tinja bergantung pada besarnya tangki septic dan bangunan yang dihuninya. Semisal, untuk rumah sakit, hotel, perkantoran, hunian perumahan seperti apartemen atau pusat-pusat perdagangan yang selalu dikunjungi oleh banyak orang. Kedisiplinan terhadap waktu ideal ini selain berdampak dapat meminimalisir pencemaran lingkungan juga dapat memberi efek kebersihan dan kenyamanan terutama bagi pusat-pusat umum dan komersil. (AS|TSL)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *