Mengenal Karakteristik Limbah Bahan Beracun dan Berbahaya

Mengenal Karakteristik Limbah Bahan Beracun dan Berbahaya

Diposting pada

Bagaiman Cara Mengenal Karakteristik Limbah Bahan Beracun dan Berbahaya?

 

Limbah bahan beracun dan berbahaya atau biasa disebut B3 merupakan jenis limbah yang keluar sebagai hasil pembuangan industri. Meskipun Anda merasa jauh dari jenis limbah berbahaya yang satu ini, ciri dan karakteristiknya tidak boleh diabaikan. Pasalnya, pemekaran pabrik industri di kota-kota menuntut kecermatan warga untuk turut mengawasi kebocoran atau pembuangan limbah pabrik ilegal yang bersifat merusak lingkungan. Melengkapi keingintahuan Anda seputar limbah B3, simak artikel berikut dan kenali karakteristik limbah bahan beracun dan berbahaya beserta penanganannya!

 

Secara garis besar, sifat dan karakteristik limbah bahan beracun dan berbahaya dapat menimbulkan dampak buruk bagi lingkungan dan kesehatan makhluk hidup. Secara spesifik, limbah B3 dapat diidentifikasi dari karakternya yang mudah meledak, mudah menyala, reaktif, mudah teroksidasi, dan bersifat korosif. Apabila limbah B3 menyentuh kulit manusia reaksinya beragam mulai dari iritasi hingga melepuh. Lebih dari itu, limbah B3 juga berpotensi menimbulkan sel kanker, gangguan pembentukan embrio, dan perubahan kromosom pada organisme.

 

Salah satu sumber limbah bahan beracun dan berbahaya yang harus diwaspadai ialah limbah pabrik bahan kimia dan rumah sakit. Penggunaan berbagai macam unsur logam berat pada industri kimia dapat menghasilkan efek racun yang sangat berbahaya bagi manusia. Di samping itu, bahan-bahan kimia dan obat-obatan buangan yang dihasilkan rumah sakit juga memiliki efek yang sama. Oleh karena itu, penanganan limbah pabrik dan rumah sakit sebaiknya ditangani oleh tenaga berpengalaman di bidang jasa sedot limbah pabrik dan rumah sakit sesuai prosedur penanganan dan pembuangan limbah beracun yang berlaku.

 

Meskipun produksi limbah pabrik dan rumah sakit jauh lebih banyak menghasilkan limbah B3, kegiatan rumah tangga juga berpotensi menghasilkan limbah bahan beracun dan berbahaya jenis ringan. Perlengkapan rumah tangga berbahan dasar cairan kimia seperti cairan pembersih yang sifatnya keras atau produk-produk kimia kadaluarsa harus diperhatikan tata cara pembuangannya. Tidak jarang proses pembuangannya cukup merepotkan. Untuk itu, jika Anda kesulitan membuang limbah rumah tangga berbahaya, jasa sedot limbah rumah tangga di www.tukangsedotlimbah.com siap menjadi solusi terpercaya penyedotan limbah di lingkungan rumah Anda. (IA)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *