5 Cara Menggunakan Kloset Duduk Nyaman dan Sehat

Diposting pada

Kloset duduk ialah tempat pembuangan air kecil dan besar yang banyak di aplikasikan di rumah, hotel, sentra pembelanjaan dan apartemen. Keberadaan kloset duduk ini dipercaya oleh semua ahli dapat menambah kenyamanan saat buang air kecil maupun besar.

Bagi sebagian masyarakat indonesia kloset duduk masih terbilang hal yang mewah dikarenakan kloset jenis ini banyak dipakai oleh perumahan mewah, apartemen, hotel dan gedung sedangkan di rumah – rumah masyarakat, mereka terbiasa dengan kloset jongkok.

Sayangnya, kloset duduk sering dianggap tak higienis oleh sebagian kelangan karena bersentuhannya kulit dengan permukaan kloset duduk ini. Nah bagi kamu yang belum mengetahui cara menggunakan kloset duduk yang baik dan benar, berikut kami paparkan 5 cara mengguakan kloset duduk agar tetap nyaman, bersih dan jauh dari kuman / bakteri.

 

1. Posisi Duduk

 

FYI, duduk diatas toilet akan mempermudah transfer bakteri dari permukaan kloset duduk ke bagian tubuh kamu yang kemudian akan menjadi sumber penyakit baru.

Bagaimana cara penggunaan kloset duduk di tempat umum? harap pastikan bahwa kulit kamu tidak menempel dengan permukaan kloset.

Posisikan tubuh anda seperti melakukan squat.

 

2. Fungsi Kloset Duduk

 

Pernahkah Anda bertanya-tanya dengan fungsi tombol pada toilet duduk? Terkadang ada dua tombol flush yang berada di atas toilet duduk, yakni satu tombol besar dan lainnya tombol dengan ukuran lebih kecil. Fungsi kedua tombol ini untuk flush, yakni menyiram air langsung ke dalam toilet.

Namun, jangan menekan kedua tombol tersebut secara bersamaan karena hal tersebut dapat menghabiskan air lebih banyak. Tombol flush dengan ukuran kecil berfungsi untuk menyiram urine karena hanya mengeluarkan air sebanyak 3 liter.

Sementara tombol flush yang ukurannya lebih besar untuk menyiram feses (tinja) karena air yang dikeluarkan sebanyak 6 liter. Jadi, Anda harus bijaksana dalam memilih tombol flush di toilet sesuai dengan kebutuhan.

Baca:  Terpeleset di Kamar Mandi Dapat Menyebabkan Stroke?

 

3. Jangan Jongkok

Entah karena kebiasaan menggunakan toilet jongkok atau khawatir terpapar bakteri di permukaan toilet duduk, sebagian orang memilih untuk jongkok di atas toilet duduk. Hal ini sangat tidak dibenarkan karena alas kaki kita bisa mengotori toilet duduk.

Selain itu, pikirkan juga kemungkinan terpeleset saat jongkok di atas permukaan toilet duduk yang tidak datar. Jadi, sekali lagi jangan berjongkok di atas toilet duduk jika ingin aman saat membuang hajat.

Posisi jongkok di kloset duduk hanya akan menyulitkan kamu saat membuang air besar karena permukaan kloset duduk yang licin dan berbentuk silinder.

 

4. Bidet Toilet untuk Membasuh

Bagi orang Indonesia kebiasaan membasuh organ vital setelah selesai buang air besar adalah kewajiban. Lantas, bagaimana jika di toilet tidak ada shower? Gunakan saja bidet toilet untuk membasuh.

Bidet adalah semprotan yang terletak di dalam toilet dengan posisi tepat di bawah anus. Anda hanya perlu mencari tombol bidet, yang biasanya berada di samping toilet dan posisikan duduk Anda agar anus terkena semprotan air dari bidet. Tak perlu khawatir karena air yang disemprotkan bersih.

Basuhlah sekeliling kemaluan kamu dengan memanfaatkan salah satu fungsi kloset duduk ini

 

5. Jaga Toilet agar Tetap Kering

Penempatan toilet duduk di kamar mandi umum tujuannya untuk menjaga agar lantai toilet tetap kering. Cara menggunakan toilet kering adalah gunakan shower langsung untuk membasuh organ vital ketika Anda sedang berada di posisi duduk atau squat di atas toilet.

Demikian cara menggunakan kloset duduk yang sehat, aman dan nyaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *