Kedoteng : Sanitasi Untuk Pemukiman Padat Penduduk

Diposting pada

Pernahkah anda merasa bingung untuk menggunakan jasa sedot WC karena rumah anda berada di dalam gang sempit ? Tidak perlu khawatir, mulai sekarang anda tetap bisa menggunakan jasa sedot WC meskipun rumah anda berada di dalam gang tikus.

Kepadatan penduduk memang sudah jadi fenomena umum di kota – kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan sebagainya. Meningkatnya jumlah penduduk di wilayah perkotaan tidak semata dilatarbelakangi oleh fenomena alami saja melainkan juga dipengaruhi oleh faktor lainnya seperti besarnya arus urbanisasi.

Pertumbuhan jumlah penduduk yang cukup drastis akan membuat ketimpangan dalam beberapa hal, salah satunya pada ketersediaan layanan sanitasi. Ketidaksiapan kota dalam mengakomodir kebutuhan masyarakatnya terutama soal sanitasi akan membuat lingkungan menjadi kurang bersih dan terkesan kumuh.

 

Kedoteng : Kereta Dorong Septic Tank.

Sebuah inovasi pengelolaan limbah rumah tangga berbasis masyarakat bertajuk Kedoteng dan Tangki Septic Tank Rakit Ulang telah menjawab semua persoalan sanitasi di lingkungan padat penduduk. Kedoteng atau kependekan dari Kereta Dorong Septic Tank ialah layanan sedot tinja yang bisa menjangkau lapisan masyarakat menengah ke bawah.

Melalui Kedoteng, sanitasi di lingkungan padat penduduk tetap bisa dicapai dan  kebersihan lingkungan dapat terjaga dengan baik. Keadaan gang yang sempit dan bercabang tidak selalu bisa diakses oleh truk sedot tinja. Sehingga seringkali urusan sedot tinja dikesampingkan oleh masyarakat meski sudah memasuki masa kritis.

Layanan Kedoteng memungkinkan masyarakat yang tinggal di sekitar gang tikus untuk mengelola limbah rumah tangganya dengan baik dan maksimal.  Dengan menggunakan layanan kedoteng, kebersihan di lingkungan padat penduduk dapat terjaga dengan baik dan terhindar dari pencemaran. Hal tersebut dikarenakan kereta dorong septic tank ini memiliki ukuran yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan truk sedot tinja. Sehingga, kedoteng dapat menjangkau perumahan warga yang berada di dalam gang sempit.

Umumnya, gang – gang sempit di tepi jalan Raya memiliki lebar kurang dari 1 meter. Ukuran yang sempit tersebut tentu tidak dapat menampung badan truk yang berukuran besar, oleh karena itu, sebagai alternative anda bisa menggunakan jasa Kedoteng.

Baca:  5 Hal Penting Yang Perlu Di Perhatikan Sebelum Menggunakan Jasa Sedot WC

 

Lebih detail soal Kedoteng.

Sejatinya, Kedoteng ialah Kereta Dorong yang telah dilengkapi dengan tangki modifikasi, mesin sedot tinja portable, dan selang pipa sepanjang minimal 15 meter. Tangki modifikasi yang dibawanya memiliki kapasitas sekitar kurang lebih 300 hingga 400 liter. Sementara, untuk jenis Kedoteng motor (Kemoteng), maka kapasitas tangki yang dibawa bisa sedikit lebih besar sekitar 500 – 600 liter.

Biasanya, satu rumah hanya bisa mendapat layanan Kedoteng sebanyak maksimal 2 kali. Hal itu dikarenakan kapasitas tangki kedoteng yang terbatas dan usaha mendorong Kedoteng yang cukup berat karena dilakukan secara manual. Biasanya, layanan kedoteng akan dipromosikan lewat cara berkeliling ke dalam gang – gang sempit dengan cara berjalan kaki. Itulah sebabnya Kedoteng tidak bisa melayani semua permintaan sedot WC di tiap rumah warga hanya dalam waktu sehari.

Meskipun terbatas, namun layanan Kedoteng ini bisa jadi alternative bagi anda yang tinggal di kawasan padat penduduk. Karena menyasar kaum menengah ke bawah dengan penghasilan cukup rendah, maka layanan Kedoteng ini biasanya ditawarkan kepada masyarakat dengan sistem pembayaran model cicilan / kredit. Dengan demikian, tuntaslah persoalan sanitasi yang selalu jadi isu krusial di lingkungan perkotaan khususnya pemukiman padat penduduk.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *