4 Keuntungan Ini Menjadi Alasan Logis Mengapa Sedot WC Perlu Dilakukan

Diposting pada

Persoalan sistem sanitasi seringkali diabaikan oleh masyarakat Indonesia karena dianggap kurang penting. Padahal, sistem sanitasi yang buruk merupakan isu sosial yang butuh perhatian khusus dari masyarakat.

Masuk ke dalam daftar  top 3 Negara dengan sistem sanitasi terburuk se – Asia Tenggara setelah Laos dan Myanmar, Indonesia perlu membangun sarana sanitasi yang layak untuk memenuhi kebutuhan seluruh penduduknya.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi pengelolaan air limbah yang buruk ialah dengan memanfaatkan jasa sedot WC yang dapat ditemui dengan mudah di berbagai daerah.

Sayangnya, beberapa orang masih awam soal pentingnya menggunakan jasa sedot WC di lingkungan rumah mereka. Padahal, sedot WC memegang peranan yang  cukup penting dalam menjaga kebersihan di lingkungan sekitar.

 

Keuntungan Menggunakan Jasa Sedot WC Bagi Lingkungan Sekitar.

Berikut ini adalah beberapa keuntungan / manfaat yang bisa anda dapatkan jika menggunakan jasa sedot WC secara rutin.

 

Kebersihan toilet dapat terjaga dengan baik.

Pernahkah kotoran (feses) yang ada di dalam WC sulit untuk disiram ?

Meskipun anda telah menyiram dengan banyak air, kotoran (feses) tetap muncul di permukaan air dan tidak juga hilang. Apakah penyebabnya ?

Hal tersebut disebabkan karena jumlah kotoran yang terakumulasi sudah melebih kapasitas septic tank di rumah anda, sehingga kotoran tersebut memenuhi saluran pembuangan dan membuat toilet menjadi mampet.

Kotoran yang sulit terbawa air merupakan salah satu tanda bahwa WC anda harus segera di sedot. Oleh karena itu, jika WC anda mengalami kendala serupa, sebaiknya anda segera menelepon penyedia jasa sedot WC agar WC dapat segera diperbaiki.

Toilet yang berfungsi normal akan memudahkan anda dalam menjaga kebersihan. Dengan demikian, anda tidak perlu lagi susah payah menyiram kotoran sampai harus menghabiskan 5 ember air.

 

Hemat air.

Seperti pembahasan sebelumnya, WC yang mampet akan membuat penggunaan air menjadi lebih boros. Semakin sulit kotoran dibersihkan, semakin banyak air yang terbuang. Itu karena anda akan menggunakan air sebanyak mungkin untuk membersihkan kotoran membandel tersebut dari permukaan WC.

Namun, jika anda rajin melakukan sedot WC, maka WC akan lebih mudah untuk dibersihkan dan penggunaan air menjadi lebih efektif dan efisien.

 

Pemanfaatan limbah kotoran.

Kotoran yang telah disedot dapat diolah menjadi pupuk organic yang sangat bermanfaat bagi kesuburan tanah dan pertumbuhan tanaman.

Bagi anda yang suka berkebun, tentu hal ini cukup membantu anda dalam menghemat biaya perawatan tanaman. Anda tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk membeli pupuk di luar, karena anda dapat mengolah limbah kotoran tersebut menjadi pupuk organic yang lebih ramah lingkungan.

 

Terhindar dari resiko penyakit.

Toilet yang bersih akan nyaman untuk digunakan. Selain nyaman untuk digunakan, toilet yang bersih juga memiliki potensi lebih rendah untuk menimbulkan penyakit. Sehingga semua penghuni rumah dapat terhindar dari resiko penyakit yang mungkin terjadi.

 

Itulah keuntungan yang bisa anda dapatkan jika menggunakan jasa sedot WC secara rutin. Mungkin, anda bertanya – tanya, berapa kali sebenarnya sedot WC harus dilakukan ? Sebaiknya anda melakukan sedot WC setiap 1 – 2 tahun sekali untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Itu karena, dalam kurun waktu setahun, jumlah kotoran yang menumpuk di septic tank belum terlalu banyak, sehingga masih bisa dikendalikan agar tidak sampai melebihi kapasitas septic tank.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *